Pemkab Mura Siap Ikuti Lomba Inovasi Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru
Tanggal : 30 May 2020 By Administrator

Pemkab Mura Siap Ikuti Lomba Inovasi Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru

Diskominfo Mura - Melalui Video Conference (Vidcon) Bupati Musi Rawas H Hendra Gunawan didampingi Wakil Bupati Hj Suwarti Burlian mengikuti Rapat Kordinasi (Rakor) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait Lomba Inovasi Daerah dalam Penyiapan Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman Covid-19 bersama Menteri Dalam Negeri dan seluruh Kepala Daerah di Indonesia. Bertempat di Replika Rumah Adat Kantor Bupati, Jumat (29/05/2020). 

Rapat dipimpin langsung oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Ketua Gugus Tugas Covid-19 Doni Monardo dan diikuti para Gubernur dan Bupati se-Indonesia.

Bupati H Hendra Gunawan menyampaikan, Pemerintah Kabupaten siap mengikuti intruksi dari Mendagri, dan akan berkordinasi dengan jajaran Dinas, OPD dilingkungan Pemkab Mura. Menurutnya, lomba tersebut diselenggarakan oleh Kemendagri sebagai salah satu upaya percepatan penanganan pandemi virus Corona oleh masing-masing daerah. 

"Lomba Inovasi Daerah ini akan diikuti oleh seluruh Kota/Kabupaten di Indonesia dengan membentuk satu tim inovasi penanganan Covid-19 dalam bentuk video pendek berdurasi maksimal 2 menit. Video ini menjelaskan tentang Tatanan Normal Baru (New Normal) yang dilaksanakan, meliputi sektor: Pasar Tradisional, Pasar Modern, Restoran, Hotel, PTSP, Tempat Wisata, dan Transportasi Umum," ucap Bupati H Hendra Gunawan.

Dalam perlombaan ini, Kriteria penilaian dari lomba dinilai dari sisi kesesuaian protokol Covid-19, aplikatif dan dapat direplikasi oleh daerah lain, strong idea/kreativitas/pembaharuan, serta kerjasama (kolaborasi).

Tim penilai dari lomba tersebut terdiri dari Kemendagri, Kemenkes, Kemenkeu, Kemenpar, dan Gugas Covid-19. Selain itu, penurunan jumlah kasus terkonfirmasi positif, jumlah PDP, dan jumlah ODP di Kota/Kabupaten juga turut menjadi pertimbangan dalam pemberian dana insentif pemulihan ekonomi daerah dan penerapan new normal.

#diskominfomusirawas
#MenujuNormalBaru
#Covid19

Share

Facebook Twitter Twitter