Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Musi Rawas

Home UMUM STAND MUSI RAWAS JADI PRIMADONA

STAND MUSI RAWAS JADI PRIMADONA

Diposting Tanggal: 02 Okt 2017 | Dilihat : 65 Orang | UMUM

 
*Ibu  Mufida Yusuf Kalla hingga Ani Yudhoyono Tertarik dan Mengapresiasi
 
Rapat Kerja Nasional Dewan Kerajinan Nasional (Rakernas Dekranas) sekaligus memperingati Hari Jadi ke-37 Dekranas di Jakarta Selasa (26/9) menjadi ajang unjuk gigi Pemerintah Kabupaten Mura melalui Dekranasda bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag). Khususnya dalam rangkaian pameran hasil kerajinan daerah tersebut Stand Kabupaten Musi Rawas menjadi salah satu primadonanya. 
Ketua Dekranasda Mura yang juga Ketua TP PKK dr Hj Noviar Marlina Gunawan didampingi Kepala Disperindag Mura H Nito Maphilindo menyampaikan, tingkat kunjungan ke Stand Mura sangat tinggi.
Mulai dari kunjungan Ketua Umum Dekranas ibu Wakil Presiden RI Hj. Mufidah Jusuf Kalla yang juga mem­buka rangkaian acara yang dilaksanakan di Kantor Kementrian Pertahanan RI tersebut. 
Selain itu juga ikut berkunjung Ny Erni Tjahjo Kumolo selaku Ketua Harian Dekranas dan Ny. Nora Ryamizard Ryacudu selaku Ketua Bidang Kreatif Dekranas serta jajaran pengurus lainnya termasuk juga Ibu Ani Yudhoyono mantan ibu negara. 
Kemudian berkunjungan juga Ny Panglima TNI Enny Trimurti Gatot Murmantyo, mantan Menristek dan Menteri Peridustrisn era Presiden Soeharto, Ir. Rahadi Ramelan beserta istri dan istri Guntur Soekarno Putra. Ikut berkunjung Perwakilan Unesco Bidang Kebudayaan, juga Zainal Songket kemudian artis Dyah Permatasari serta istri kepala daerah lainnya.
“Stand Musi Rawas rame, Alhamdulillah jadi salah satu primadona tempat kunjungan dan cuci mata para pengunjung. Bukan hanya berkunjung namun apresiasi juga banyak kita terima termasuk banyaknya pesanan terkait pro­duk kerajinan daerah yang kita tampilkan karena souvenir yang kita tampilkan sampai kehabisan,” ungkap dr Hj Noviar Marlina Gunawan.
Ditambahkan istri Bupati Mura H Hendra Gunawan itu, Stand Mura menampilkan berbagai produk industri kerajinan hasil kreasi lokal dengan bahan atau muatan lokal. Mulai dari Kain Jumputan Musi Rawas, souvenir dari buah lokal yang selama ini tak tergarap termasuk juga produk makanan dan minuman ringan dimana salah satunya Kopi Selangit Harga Membumi yang menurut mantan Menristek dan Menteri Peridustrisn era Presiden Soeharto, Ir. Rahadi Ramelan potensi menjadi produk besar sepertinya halnya Kopi Gayo Aceh. Mengingat Kopi Selangit merupakan kopi dari salah satu daerah di Mura yang ti­dak bisa diklaim daerah lain. Semuanya diapresiasi karena yang membuat ane­ka produk mulai jumputan, songket, bandrek, kopi, tas bambu serta asesoris memang asli masyarakat desa di Kabupaten Mura yang membuatnya dengan ide design dan arahan langsung Ketua Dekranasda Mura dr Hj Noviar Marlina Gunawan. 
“Alhamdulillah kita mendapatkan pesanan yang luar biasa banyak. Khususnya pesanan Bandrek Pinang Merah, Kain Jumputan Motif Padi, Sawit dan Karet serta aksesoris berupa kalung, gelang dan cincin serta bros dari biji-bijian,” papar dr Hj Noviar Marlina Gunawan. 
Sementara ditambahkan Kepala Disperindag Mura H Nito Maphilindo apresiasi juga diberikan terhadap produk dan kreasi hasil kerajinan yang ditampilkan Mura. 
“Apresiasi diberikan terhadap ide Dekranasda Mura dibawah kepemimpinan Ibu dr Hj Noviar Marlina Gunawan karena semua desain berpatok pada sumber daya alam lokal atau dengan muatan lokal. Diantaranya Songket motif rumah adat Mura dan jumputan serta batik bermotif mata pencarian kehidupan masyarakat Mura yaitu motif padi, sawit dan karet. Hal ini menjadi topik menarik dari kunjungan para tamu spesial ke Stand Mura seperti hal­nya Hj. Mufidah Jusuf Kalla, Ny Ani Yudhoyono, Ny Erni Tjahjo Kumolo, mantan Menristek dan Men­teri Peridustrisn era Presiden Soeharto, Ir. Rahadi Ramelan, utusan Unesco dan lainnya,” papar mantan Kepala Dinas PU Pengairan ini seraya menambahkan songket dan jumputan Mura motif rumah adat, padi dan karet telah digunakan sebagai pakaian resmi seragam saat HUT Kabupaten Mura 20 April 2017. 
Sementara itu Rakernas Dekranas dengan tema “Membangun Sinergi Kebijakan dan Program DEKRANAS dalam Mewujudkan Kriya Berdaya Saing Global” dihadiri perwakilan perwakilan Dekranas Daerah dari seluruh Kabupaten/Kota se- Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, Ketua Umum Dekranas menyampaikan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah mendukung dan membantu terselenggaranya Rakernas Dekranas 2017.
Diharapkan melalui terselenggaranya Rakernas Dekranas tahun 2017 dapat menghasilkan program yang bermanfaat bagi pengembangan industri ke­ra­jinan Indonesia yang berdaya saing yang ting­gi, sehingga dapat men­dukung kemandirian ekonomi Indonesia dan pada gilirannya juga dapat meningkatkan kesejahteraan para pengrajin. 
Lebih lanjut Ketua Umum Dekranas mengajak kepada seluruh pengurus Dekranas, Dekranasda seluruh Indonesia untuk bahu-membahu kerja keras memajukan produk kerajinan Indonesia dengan meningkatkan kemampuan Sumber Daya agar dapat menghasilkan kerajinan produk yang berdaya saing.

Tags :   

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini ?

Bagus Sekali
Lumayan Bagus
Sederhana
Tidak Menarik

Agenda Terbaru

# Agenda
Agenda Lainnya

Video

  Hit Today : 233
  Total Hit : 255440
  Visitor Online : 5
  Total Visitor : 42970
  IP Anda : 54.162.154.91

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI RAWAS

Jl. Lintas Sumatera Kab. Musi Rawas
Sumatera Selatan



Link Terkait