Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Musi Rawas

Home UMUM Mei 2018, Targetkan Program Jambanisasi 100 Persen

Mei 2018, Targetkan Program Jambanisasi 100 Persen

Diposting Tanggal: 03 Mar 2018 | Dilihat : 108 Orang | UMUM

Musi Rawas - Kepala Puskesmas C Nawangsasi, dr Iqbal El Husni menargetkan pada Bulan Mei 2018 seluruh rumah yang ada di wilayah pelayanan Puskesmas C Nawangsasi Kecamatan Tugumulyo sudah memiliki jamban sendiri. Hal ini diungkapkan dr Iqbal pada saat memberikan laporan pada acara Gerakan Musi Rawas Sehat Sempurna, Kamis (01/03/2018) di Puskesmas C Nawangsasi yang dihadiri oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan.
Dilaporkan dr Iqbal program Jambanisasi ini merupakan tindak lanjut dari Program yang telah diluncurkan oleh Bupati Musi Rawas dan Ketua Penggerak PKK Musi Rawas, Hj dr Noviar Marlina Gunawan. Hingga akhir Januari 2018 lalu, tercatat rumah masyarakat yang telah memiliki jamban sebanyak 5558 atau 74 persen. Puskesmas C Nawangsasi ini melayani 11 desa yang ada di Kecamatan Tugumulyo dari 17 desa yang ada di wilayah tersebut. Jumlah penduduk di 11 desa itu sebanyak 31.056 jiwa.
Untuk mewujudkan ini, pada kesempatan itu 11 kepala desa yang berada dalam wilayah pelayanan Puskesmas C Nawangsasi dihadapan Bupati mendeglarasikan dan menyatakan kesiapan untuk mensukseskan target 100 persen rumah berjamban.
Pada kesempatan yang sama Bupati Musi Rawas, menyambut baik progres dari Program Jambaniasasi di Wilayah Tugumulyo ini, dirinya berharap seluruh kecamatan dan desa juga dapat segera menuntaskan program ini. Dengan meningkatnya pembangunan jamban di setiap rumah warga, ini membuktikan bahwa program ini disambut dengan baik dan masyarakat telah memiliki kepedulian terhadap kesehatan dan lingkungan.
Dijelaskan Hendra, mengapa Jamban ini penting dimiliki setiap rumah karena Jamban merupakan tempat kita membuang kotoran manusia, yang tentu nya sangat penting dijaga kebersihan dan kesehatan nya baik terhadap manusia, lingkungan sekitar maupun alam.
Selama ini kita sedikit melupakan penting nya jamban sehat, padahal konsep jamban itu sehat itu sendiri tidak lah mahal, sederhana, aman, nyaman dan tidak mengotori manusia, lingkungan sekitar mau pun alam.
Untuk itu, Bupati mengajak dan menghimbau kepada seluruh masyarakat Musi Rawas untuk memeulai hidup sehat dengan membuat jamban rumah tangga, memanfaatkan perkarangan dengan menanama tanaman produktif, menanam tanaman pengijauan, membuang sampah pada tempatnya serta lainnya. Jika kita peduli terhadap lingkungan sehat, maka tubuh kita akan terus sehat dan menjadikan generasi yang akan datang menjadi generasi yang sehat dan pada akhirnya daerah ini akan terus maju dan berkembang sehingga kesempurnaan dapat terwujud.
Perlu di ketahui, bahwa penyakit Diare di Indonesia merupakan penyakit dengan Angka Kesakitan dan Kematian Bayi dan Balita urutan pertama yang di sebabkan oleh Bakteri yang terkandung di dalam kotoran manusia.


Tags :   

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini ?

Bagus Sekali
Lumayan Bagus
Sederhana
Tidak Menarik

Video

  Hit Today : 161
  Total Hit : 420306
  Visitor Online : 2
  Total Visitor : 83231
  IP Anda : 54.196.47.145

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI RAWAS

Jl. Lintas Sumatera Kab. Musi Rawas
Sumatera Selatan



Link Terkait