Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Musi Rawas

Home UMUM Kemendes"RPJMDes, RKPDes dan APBDes Harus Sesuai  Kemampuan, Potensi dan Kondisi di masyarakat".

Kemendes"RPJMDes, RKPDes dan APBDes Harus Sesuai  Kemampuan, Potensi dan Kondisi di masyarakat".

Diposting Tanggal: 08 Mei 2018 | Dilihat : 94 Orang | UMUM

MUSI RAWAS, Kabupaten Musi Rawas menjadi salah satu dari 7 Kabupaten /Kota yang secara resmi menyelenggarakan Rapat Koordinasi Teknis Kewenangan Desa dan Implementasinya dalam penggunaan Dana Desa Tahun Anggaran 2018 yang dipilih oleh Kementerian Desa,

Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, yang pelaksanaanya bertempat di Hotel Smart 8 Mei 2018 secara resmi dibuka oleh Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan. Selasa (8/5/18)

Dalam acara Rapat Teknis Kewenangan Desa dan Implementasinya dalam Penggunaan Dana Desa Tahun 2018 dihadiri langsung oleh Dirjen Pembangunan & Pemberdayaan Masyarakat Desa melalui Kasubdit Advokasi Peraturan Desa Ir. Eppy Lugiarti, MP yg menyampaikan Lahirnya UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa merupakan “penanda” bagi era baru desa dengan adanya pengakuan atas Kewenangan Desa yang didasarkan pada Hak asal usul dan kewenangan lokal berskala desa. Dimana Desa adalah suatu Pemerintahan Masyarakat yang merupakan gabungan dari bentuk self governing community dan local self government. Oleh karenanya pemerintahan Desa memiliki kemandirian dalam mengurus dan mengatur hal – hal yang menjadi kewenangannya, walaupun tidak lepas diri dari supra desa. Melalui kewenangannya tersebut Desa menyusun RPJMDes, RKPDes dan APBDes yang sesuai dengan kemampuan dan potensi yang dimiliknya serta kondisi kebutuhan masyarakatnya untuk meningkatkan kesejahteraan, “ujarnya”.

Ketua pelaksana Ir. Sondang Hutagalung, M.Si menyampaikan dalam laporannya penggunaan Dana Desa erat kaitannya dengan kewenangan desa dimana desa yang dialokasikan adalah untuk membiayai hal –hal yang menjadi kewenangan desa, namum pada kenyataanya dana desa belum dimanfaatkan sesuai dengan kewenangan desa, maka perlu dilakukan evaluasi terkait dengan Peraturan Bupati tentang kewenangan desa sebagai dasar desa menetapkan peraturan desa tentang kewenangan desa sebagai dasar menyusun RKPDesa dan APBDesa. Maka tujuan diadakannya Rapat Teknis Kewenangan Desa dan Implementasinya dalam Penggunaan Dana Desa yaknin :
1. Melakukan evaluasi terhadap implementasi kewenangan desa dikaitkan dengan penggunaan Dana Desa
2. Menemukan masalah, kesulitan atau kendala yangn dihadapi dalam implementasi kewenangan desa dan penggunaan dana desa.
3. Memperoleh masukan untuk desain kebijakan prioritas kewenangan desa ke depan
Diakhir laporan hasil yang diharapkan yakni :
1. Adanya hasil evaluasi terhadap implementasi kewenangan desa yang dikaitkan dengan penggunaan dana desa
2. Adanya identifikasi atas pencapaian hasil, masalah kesulitan dan hambatan daloam implementasi kewenangan desa dikaitkan dengan penggunaan dana desa.

Turut hadir dalam acara tersebut narasumber Ir Eppy Lugiarti, Mp,  Budi Harsoyo dr Satgas Dana Desa Kemendes, Drs. Mefta Joni, MM Kepala Dinas PMD Kab. Musi Rawas, Imam Mukhlis Affandy Direktorat Keuangan dan Aset Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri, Wartono Kepala Desa Majasari Kec. Sliyeg Kabupaten Indramayu, Senen Kepala Desa Ngelanggeran Kab. Gunung Kidul, Kepala Perangkat Daerah , Para Kepala Desa se- Kabupaten Musi Rawas, BPD se-Kabupaten Musi Rawas, dan Pendamping Desa.

Bupati Musi Rawas H. Hendra Gunawan melalui sambutannya berpesan kepada seluruh pelaksana pengguna Dana Desa terutama  bagi  para Kepala  Desa beserta perangkat agar dapat mengimplementasikan  hasil yang didapat dalam  acara Rapat Teknis Penggunaan Dana Desa Tahun 2018 Ini, karena Kepala Desa dan Perangkat Desa adalah merupakan  ujung tombak dalam  tingkat  keberhasilan  pelaksanaan Dana  Desa” pintanya. ( diskominfo & statistik)


Tags :   

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini ?

Bagus Sekali
Lumayan Bagus
Sederhana
Tidak Menarik

  Hit Today : 500
  Total Hit : 459711
  Visitor Online : 7
  Total Visitor : 92024
  IP Anda : 54.198.119.26

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI RAWAS

Jl. Lintas Sumatera Kab. Musi Rawas
Sumatera Selatan



Link Terkait