Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Musi Rawas

Home UMUM Inisiasi Perdes Rumah Bebas Asap Rokok

Inisiasi Perdes Rumah Bebas Asap Rokok

Diposting Tanggal: 09 Okt 2017 | Dilihat : 20 Orang | UMUM

Musi Rawas -  "Kami Kepala Desa atas nama seluruh Masyarakat menggerakan pelaksanaan Rumah Tanpa Asap Rokok dan akan membuat peraturan desa untuk masyarakat agar tidak merokok didalam rumah" Berikut Bunyi Komitmen Komitmen Kades yang di tandatangani di saksikan oleh Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan dan Ketua Tim Penggerak PKK, Hj Noviar Gunawan dalam rangkaian Kegiatan Musi Rawas Sehat, Senin, 2 Oktober 2017 di Puskesmas Karya Sakti, Kecamatan Muara Kelingi.
 
Komitmen ini bukan hanya sekedar acara seremonial saja, namun lebih kepada bagaimana menciptakan udara bersih khususnya di dalam rumah dan menyelamatkan keluarga dari bahaya asap rokok.
 
Bupati Musi Rawas, H Hendra Gunawan pada setiap kesempatan  terus mengintruksikan seluruh Kepala Desa dan Badan Permusyawatan Desa (BPD) untuk menyusun dan mengesahkan Peraturan Desa (Perdes) tentang Rumah Bebas Asap Rokok.
 
Sejauh ini ada 16 desa yang telah berkomitmen akan menyusun Perdes Rumah Bebas Asap Rokok yang tersebar di 3 Wilayah Puskesmas diantaranya Puskesmas Pian Raya, 4 Desa, Puskesmas Kelingi IVC, 6 Desa dan Puskesmas Karya Sakti, 6 Desa.
 
Perdes Rumah Bebas Asap Rokok ini, sangat penting untuk disusun dan diterapkan di seluruh desa, karena Asap Rokok merupakan momok yang sangat menakutkan bagi generasi yang akan datang dan keluarga.
 
Salah satu penyakit yang cukup besar penyebarannya di Kabupaten Musi Rawas yakni Inspeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), salah satu penyebabnya yakni kebiasaan merokok di luar maupun didalam rumah. Dengan adanya Komitmen ini diharapkan dapat menurunkan penyakit ISPA di daerah ini.
 
Selain membuat Perdes, Bupati juga berharap agar masyarakat dapat menerapkan gerakan hidup sehat dengan tidak membuang sampah sembarangan, setiap rumah memiliki MCK, rutin berolahraga, dan lainnya.
 
Selain itu, Bupati terus mengajak seluruh aparatur pemerintahan baik dari Pemkab Musi Rawas, Kecamatan maupun Desa agar terus menciptakan lingkungan yang bersih dan asri dengan manfaatkan lahan kosong untuk di tanam dengan tanaman yang betmanfaat untuk kesehatan sesuai dengan semangat Musi Rawas Sempurna Menanam.

Tags :   

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini ?

Bagus Sekali
Lumayan Bagus
Sederhana
Tidak Menarik

Agenda Terbaru

# Agenda
Agenda Lainnya

Video

  Hit Today : 210
  Total Hit : 255417
  Visitor Online : 1
  Total Visitor : 42966
  IP Anda : 54.162.154.91

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI RAWAS

Jl. Lintas Sumatera Kab. Musi Rawas
Sumatera Selatan



Link Terkait