Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Musi Rawas

Home UMUM Eksotisme Curug Panjang Durian Remuk di Musi Rawas, Pemkab Mura Siap Kembangkan Dengan Cara Ini

Eksotisme Curug Panjang Durian Remuk di Musi Rawas, Pemkab Mura Siap Kembangkan Dengan Cara Ini

Diposting Tanggal: 16 Jul 2018 | Dilihat : 510 Orang | UMUM

Air terjun Curug Panjang yang terletak di Desa Durian Remuk Kecamatan Muara Beliti, sangat potensial untuk dikembangkan menjadi salah satu objek wisata alam andalan di Kabupaten Musirawas.

Eksotisme panorama alamnya yang masih alami, akan jadi daya tarik tersendiri bagi penyuka wisata alam bebas. Air terjun yang terbentuk dari cerukan bebatuan besar atau napal sungai yang "terbelah" ini panjangnya sekitar 40 meter kurang lebih dengan ketinggian sekitar kurang lebih empat meter.

Lokasinya relatif mudah dijangkau, dengan kondisi jalan yang relatif baik. Untuk mencapai lokasi Curug Panjang, dapat ditempuh melalui jalan darat sekitar lebih kurang 30 menit perjalanan dari ibukota Kecamatan Muarabeliti.

Suasana sekeliling lokasi Curug Panjang relatif masih alami. Layaknya sebuah lokasi wisata alam, disekelilingnya terdapat hutan dan areal perkebunan warga setempat.

Sehingga suasananya cukup menyejukkan mata. Selain menikmati gemericik air terjun, mata juga dimanjakan dengan panorama alam sekeliling lokasi.

"Air terjun Curug Panjang ini cukup bagus dan sangat potensial untuk dikembangkan menjadi lokasi wisata andalan. Letaknya relatif mudah dijangkau, dan pemandangannya juga bagus. Tinggal lagi pihak terkait melakukan penataan agar tempat ini jadi refresentatif untuk dikunjungi wisatawan," ungkap Joe Silitonga (43), salah seorang warga yang berkunjung ke lokasi Curug Panjang tersebut.

Bupati Musirawas H Hendra Gunawan menyatakan, air terjun Curug Panjang di Desa Durian Remuk Kecamatan Muara Beliti, akan menjadi salah satu destinasi wisata yang akan banyak dikunjungi wisatawan.

Karena selain cukup mudah didatangi, juga memiliki panorama alam yang sangat eksotik.


"Saya meminta instansi terkait agar segera membuat perencanaan pengelolaan obyek wisata Curug Panjang ini, dengan melibatkan pemerintah desa, pemuda yang tergabung dalam Karang Taruna dan masyarakat setempat," kata H Hendra Gunawan saat mengunjungi lokasi Curug Panjang, usai membuka kegiatan ekpedisi desa yang dilaksanakan oleh tim di Desa Durian Remuk Kecamatan Muara Beliti, Sabtu (14/7/2018).

Kedepan kata H Hendra Gunawan, Desa Durian Remuk Kecamatan Muara Beliti akan ditetapkan sebagai desa wisata dan Curug Panjang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten Musirawas.

Diharapkan, dengan dijadikannya Curug Panjang sebagai destinasi wisata andalan, maka dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan daerah.

Dikatakan Bupati, wisata alam merupakan salah satu daya tarik wisata daerah, nasional maupun manca negara dalam bentuk sumberdaya alam maupun budaya.

Untuk itu, bupati mengintruksikan kepada OPD terkait agar melakukan perencanaan pengembangan baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga obyek wisata ini dapat menjadi salah satu destinasi unggulan didaerah ini.

"Diharapkan kepada seluruh elemen masyarakat untuk saling menjaga alam dan fasilitas yang ada. Salah satunya air terjun Curug Panjang sebagai wisata alam yang berpotensi untuk dikembangkan dan menjadi destinasi wisata unggulan Kabupaten Musirawas," ujarnya.

Kepala Desa Durian Remuk, Surya menyampaikan terima kasih kepada Bupati Musirawas yang akan menjadikan Curug Panjang menjadi salah satu destinasi wisata.

Menurutnya, masyarakat sudah sangat menantikan hal ini dan pihaknya siap bergotong royong untuk mengembangkan Curug Panjang menjadi obyek wisata yang layak untuk dikunjungi.


Tags :   

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini ?

Bagus Sekali
Lumayan Bagus
Sederhana
Tidak Menarik

Agenda Terbaru

  Hit Today : 593
  Total Hit : 585428
  Visitor Online : 1
  Total Visitor : 119184
  IP Anda : 54.166.130.157

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI RAWAS

Jl. Lintas Sumatera Kab. Musi Rawas
Sumatera Selatan



Link Terkait