Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Musi Rawas

Home UMUM BALITBANG GANDENG PERGURUAN TINGGI BENTUK DEWAN RISET DAERAH

BALITBANG GANDENG PERGURUAN TINGGI BENTUK DEWAN RISET DAERAH

Diposting Tanggal: 06 Jul 2018 | Dilihat : 102 Orang | UMUM

MUSI RAWAS – – Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Bapak H. Syaiful Anwar Ibna, SE.Msi. dengan didampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang)  Kabupaten Musi Rawas Bapak H. Bambang Hermanto, SE.MM, Perwakilan dari Bappeda Kab. Musi Rawas Bapak Dr. Ir. Nanti Kasih dan seluruh OPD dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Musi Rawas turut hadir dalam Rapat Persiapan Kerjasama dengan Perguruan Tinggi dikesempatan ini juga juga hadir Rektor Universitas Musi Rawas (Unmura) Bapak Prof. Ir. H. Fachrurrozie Sjarkowi, M.Sc, Ph.D sebagai pembicara dan perwakilan dari Perguruan Tinggi yang ada diwilayah Kota Lubuklinggau dan Kabupaten Musi Rawas.  Selasa(3/7/18)

Dalam rapat yang langsung dipimpin Asisten II ini adalah merupakan langka awal yang dilakukan Balitbang Kab. Musi Rawas memang sudah banyak sekali kerjasama yang dilakukan oleh Pemkab. Musi Rawas pada perguruan tinggi yang ada diwilayah Kabupaten Musi Rawas dan Kota Lubuklinggau namun kali ini yang menjadi pembahasan awal adalah untuk bersama-sama untuk membentuk Dewan Riset Kabupaten dengan melibatkan Perguruan Tinggi.

“ Dengan adanya kerjasama antara Perguruan Tinggi dengan Pemerintah Kab. Musi Rawas ini yang telah lama terjalin harapan kedepan bersama-sama akan kita wujudkan dengan pembentukan Dewan Riset Kabupaten yang mana nantinya akan menjadi wadah bagi kita semua untuk bersama-sama untuk berinovasi “ Terang Assiten II.

“ Setiap riset ataupun penelitian itu harus bersipat transparan dan dapat dipertanggung jawabkan baik kepada pimpinanan ataupun kepada Allah.SWT karena sesuai dengan selogan kita AK.5 dimana kita diharuskan Kerja Keras dan Kerja Cerdas, Kerja Iklas dan Kerja Tuntas, Kerja Selaras dimana hasilnya harus sesuai dengan perencanaan “ katanya.  

Dalam kesempatan yang sama Kepala Balitbang Mura juga menjelaskan “Bahwa Pemerintah Kab. Musi Rawas siap bekerjasama dengan Perguruan Tinggi yang apabila sekarang sedang dalam tahapan penelitian yang menjurus ke arah inovasi ataupun juga perguruan Tinggi sedang melakukan penelitian yang berada dalam wilayah Kabupeten Musi Rawas” jelasnya.

“Dan ini semua akan bersama-sama kita wujudkan dengan MoU kerjasama antara Pemerintah Kab. Musi Rawas dengan Perguruan Tinggi yang nantinya akan berada dalam satu wadah yaitu Dewan Riset Kabupaten dan kedepan harapan bersama, kita akan membangun atau mendirikan Inkubator Bisnis walaupun sama-sama kita ketahui bahwa untuk Universitas Musi Rawas sekarang sudah mendirikan Inkubator Bisnis dimana nantinya harapan kita semua inkubator Bisnis ini akan menjadi Sarana Pengembangan Usaha dalam wilayah Kabupaten Musi Rawas yang nantinya akan menjadi lembaga  yang memiliki program untuk mempercepat tumbuh kembang bisnis yang ada ” pintanya.  

Dalam kesempatan yang sama Rektor Universitas Musi Rawas Bapak H.Fachrurrozie Sjarkowi menjelaskan Riset dan Penelitian adalah merupakan perintah ataupun pesan dari  Allah.SWT dan juga merupakan tuntunan dari Nabi Muhamad .SAW  “ Penelitian itu harus inovatif yaitu yang bisa diterapkan oleh Pemerintah ataupun oleh masyarakat, dan salahsatu penilaian dari tingkat keberhasilan suatu teknologi ataupun riset adalah yang bisa menambah pendapatan bagi pemerintah baik itu yang didapatkan dari pajak ataupun distribusi dari pendapatan lainnya terhadap daerah dan apabila hal itu tidak terwujud maka Litbang dianggap gagal dalam pelaksanaannya “ katanya.

“ Para pelaku riset ataupun peniliti ini tidak hanya dapat dilakukan oleh pemerintah saja akan tetapi juga dapat dilakukan oleh para mahasiswa salasatu contohnya mahsiswa dapat melakukan tesis ataupun skripsi yang mengarah kepada Inovasi, dan apabila inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa ini dianggap baik dan bagus untuk dikembang ini akan dilirik oleh orang luar melalui media online, sehingga hal ini akan menambah nama baik Perguruan Tinggi ataupun nama daerah, Harapan kita semua dengan semangat AK. 5 mari kita munculkan semangat kerja untuk selaluh berinovasi” himbaunya.

Dari Sekolah Tinggi Agama Islam (STAIS) mengharapkan dengan adanya pertemuan ini akan terus dilaksanakan pertemuan berikutnya, dan juga mereka akan siap apabila Pemerintah Kab. Musi Rawas akan melaksanakan kerjasama dalam kajian-kajian akademis karena Perguruan tinggi yang ada diwilayah Kabupaten Musi Rawas tidak kalah bersaing dengan perguruan tinggi yang ada diluar dan mereka siap untuk dilibatkan dalam setiap riset ataupun penelitian yang dilakukan oleh Pemerintah Kab. Musi rawas.

 


Tags :   

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini ?

Bagus Sekali
Lumayan Bagus
Sederhana
Tidak Menarik

Agenda Terbaru

  Hit Today : 2753
  Total Hit : 496541
  Visitor Online : 1
  Total Visitor : 100250
  IP Anda : 54.224.103.239

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI RAWAS

Jl. Lintas Sumatera Kab. Musi Rawas
Sumatera Selatan



Link Terkait