Selamat Datang di Website Pemerintah Kabupaten Musi Rawas

Home UMUM 467 Pelajar Ikut Pentas Seni

467 Pelajar Ikut Pentas Seni

Diposting Tanggal: 07 Agu 2017 | Dilihat : 46 Orang | UMUM

Musirawaskab.go.id -  Setidak 467 pelajar dari tingkat SD, SMP dan SMA/SMK se-Kabupaten Musi Rawas, mengikuti pekan keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) yang ke-8. Dilaksanakan di Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Mura. Kegiatan dilaksanakan dengan tujuan utama yakni mempererat nilai keagamaan.

Dalam pentas PAI kali ini setidaknya ada delapan jenis lomba yang akan diikuti peserta yakni, MTQ yang diikuti sebanyak 90 peserta dengan rincian SD 30 peserta, SMP 30 peserta dan SMA/SMK 30 peserta, Pidato PAI 105 peserta SD 30, SMP 45, SMA/SMK 30, Hifzil Qur'an SD 30, SMP 30, Cerdas Cermat 110 peserta SD 50 dan SMP 60.

Sedangkan kaligrafi hanya diikuti tingkat SMP 20 peserta, Nasyid Islami tingkat SMA/SMK 45, Debat PAI SMA/SMK 30 peserta dan kreasi busana 7 peserta.

Kepala Kantor (Kakan) Kemanag Mura H. Hermadi, melalui Kasubbag TU Muhamad Rais mengatakan, kegiatan tersebut merupakan wahana kompetisi yang diharapkan mampu mengembangkan minat pelajar guna memahami ajaran islam lebih dalam lagi.

"Ini juga sebagai cara mencapai dan mengukur pendidikan islam yang telah diajarkan selama ini, dan tentu perlu keterlibatan semua komponen. Bagi terwujudnya masyarakat yang terampil, maju modern," kata M Rais, dalam sambutannya.

Acara yang dilaksanakan dua tahun sekali ini lanjut ia, yang semula akan mengambil utusan-utusan setiap sekolah di Mura, untuk kemudian dilombakan ke tingkat provinsi. Sehingga, tidak menutup kemungkinan untuk diikut sertakan ditingkat nasional.

"Dan ini juga tentu perlu mendapat dukungan pemerintah. Sesuai dengan tema pelaksanan ini adalah memantapkan keagamaan dan bentuk nyata pendidikan islam, untuk dapat hidup ditengah-tengah masyarakat," tutur ia.

Dikatakannya, selain itu juga sesuai dengan arahan dan kebijakan pendidikan islam untuk meningkatkan kualitas pendidikan untuk pembina akhlakul karimah. Sehingga terselengaranya kegiatan ini yang atas partisipasi dari guru PAI.

"Kami mintak Kepala Sekolah untuk menganggarkan kegiatan ini di dana bos, dan juri yang sengaja didatangkan dari netral, sehingga lomba bisa berjalan dengan optimal. Kepada peserta selamat bertanding, dengan tunjukan sportifitas, dan mudah-mudahan bisa menjadi anak yang berakhlak dangan baik," ucapnya.

Sementara itu, Bupati Mura H. Hendra Gunawan dan diwakili oleh Staf Ahli Kesra Jamil Kamal menyampaikan, pendidikan PAI  disekolah harus mampu menjawab keluhan dari masyarakat, dengan ditandai meningkatkan penghayatan agama sehingga bisa diamalkan di kehidupan masyarakat.

"Kepada peserta yang datang dari sekolah se-Kabupaten Mura, saya ucapkan terima kasih dan partisipasinya untuk ikut serta, guna meningkatkan penghayatan dan motivasi dan mencintai agama islam," ungkapnya.

Ditambahkannya, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, sehingga acara ini bisa terlaksana dan ini diharapkan mampu mempererat tali silahturahmi. Kagiatan ini menjadi sarana aktual dan pengalaman dan pekan ini mempererat persaudaraan dan motivasi mengamalkan ajaran islam.

"Salah satu alternatif menumbuhkan karakter dan minat kembang terhadap ajaran islam. Kepada peserta saya harap mampu menjalin persahabatan dan memperkokoh dalam mewujudakan karakter yang kuat, demi mewujudkan Mura Sempurna," pungkasnya. (Diskominfo& Statistik)


Tags :   

Polling

Bagaimana Tampilan Website ini ?

Bagus Sekali
Lumayan Bagus
Sederhana
Tidak Menarik

Agenda Terbaru

# Agenda
Agenda Lainnya
  Hit Today : 816
  Total Hit : 2715
  Visitor Online : 2
  Total Visitor : 607
  IP Anda : 54.198.133.40

PEMERINTAH KABUPATEN MUSI RAWAS

Jl. Lintas Sumatera Kab. Musi Rawas
Sumatera Selatan



Link Terkait